Perbedaan Burung Jalak Nias Jantan Dan Betina

Jalak Nias mempunyai nama ilmiah Acridotheres tristis. Common myna ialah sebutannya yang umum dalam literatur perburungan Internasional. Ciri fisik pada body memiliki dominan berwarna coklat tua sebagian besar tubuh, serta bulu kepala berwarna hitam. Di bagian belakang atau pantat mempunyai warna putih. Dan warna kuning dibagian paruh, lingkar mata serta kulit kaki. Ukuran badan burung ini hampir seukuran dengan jalak suren. Penyebaran burung jalak type ini sendiri hampir ke semua negara Asia serta mulai banyak dijaga di beberapa negara luar Asia, contohnya Canada, Africa Selatan, Selandia Baru, Hawaii, Australia dll.

 

 

Mempunyai  nada yang lantang serta variasi, membuat burung berparuh runcing ini jadi cukuplah popular di tanah air. Fakta itu dapat disaksikan dari makin meningkatnya keinginan di market serta selalu menambahnya penangkar dari burung type ini. Tidak cuma itu saja, jalak nias ikut sering tampil di sejumlah ajang perlombaan burung yang saat ini banyak diselenggarakan di beberapa daerah. Walau keberadaannya selalu dicari oleh kicau mania, namun populasinya di alam bebas dapat disebutkan masih tetap melimpah karena banyak orang yang mulai ketertarikan untuk membudidayakannya.

Baca Juga : Perbedaan Burung Kenari Jantan dan Burung Kenari Betina

Buat anda yang berkemauan untuk pelihara jalak nias, tentunya sudah mengetahui perbedaan dari semasing type kelaminnya. Untuk jalak nias jantan banyak yang menjelaskan jika nada gacornya lebih lantang serta variasinya cukuplah bermacam. Sedang ciri betina pada nada, condong halus dengan dikit macam, bahkan juga sampai ada yang mempunyai nada monoton. Dari beberapa pengakuan itu, masih tetap ada banyak aspek-aspek yang dapat dipakai untuk memperbedakan pada ke-2 type kelamin dari unggas burung berbadan gempal ini, untuk lebih detilnya kembali mari kita baca beberapa rangkuman info yang sudah diberikan berikut ini.

Cici-ciri Jalak Nias Jantan

 

 

  1. Kepala tampak cukup pipih berupa persegi serta ada dikit jambul.
  2. Nada lebih beragam dibanding type betina.
  3. Waktu berkicau akan mengangguk-anggukan kepala serta jambulnya tampak cukup mengembang.
  4. Warna bulu di semua badan tampak lebih mengkilap.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Jalak Kebo Jantan dan Betina

Cici-ciri Jalak Nias Betina

 

 

  1. Bentuk kepala condong lonjong membundar.
  2. Nada kicau condong monoton atau tiada banyak macam.
  3. Biasanya jarang mengangguk-anggukan kepala serta jambul tidak mengembang.
  4. Mempunyai bulu badan yang condong tampak cukup kusam.

Banyak yang memiliki pendapat jika jalak nias jantan mempunyai paruh kuning yang lebih legam dibanding betina. Akan tetapi hal itu tidak dapat jadikan tolak ukur yang tentu, karena tingkat kelegaman paruh burung pada intinya ikut dikarenakan oleh aspek umur. Jika makin tua umur, jadi makin pekat juga warna paruhnya. Diluar itu, banyak juga yang berasumsi jika sang jantan lebih rakus saat memakan makanan. Menurut saya perihal ini ikut kurang tepat sebab tingkat nafsu makan pada burung sebetulnya tidak tergantung pada type kelamin, karena tiap-tiap burung memiliki nafsu makan yang berlainan serta belumlah pasti burung jantan lebih rakus dibanding betina, begitu juga demikian sebaliknya.

Semoga Bermanfaat. Salam Gacor Mania.

Baca Juga : Perbedaan Ciri Burung Ciblek Jawa Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Jalak Nias Jantan Dan Betina | admin | 4.5