Perbedaan Burung Jalak Thailand Jantan dan Betina

Jalak Thailand (Sturnus nigricollis/black Collared starling) di market dikenali dengan panggilan jalak Hongkong. Ukuran badan jalak Thailand semakin besar serta lebih panjang dari type jalak lokal seperti jalak suren, jalak putih, ataupun jalak bali yang fisiknya termasuk besar.

 

 

Jalak thailand hampir mirip jalak suren. Kedua-duanya dibedakan oleh bulu kepala serta dagu jalak thailand yang berwarna putih semua. Jalak thailand yang sudah dewasa, dari mantel sampai ke leher dilingkari bulu berwarna hitam. Bulu sayapnya didominasi warna hitam sampai ke sisi ekornya, sedang bulu dadanya sampai ke penutup bulu ekornya berwarna putih. Paruh serta kakinya berwarna hitam keabuabuan. Di matanya melingkar warna kuning, garis matanya berwarna kekuning-kuningan. Dibanding jalak type lainnya dari keluarga Sturnidae, fisik jalak thailand lebih tegak serta tampak lebih gagah, dadanya juga tampak lebih bidang.

Jalak thailand yang masih tetap muda (muda rimba) memiliki bulu di bagian dagu sampai ke batas dada burung muda rimba berwarna kecokelatan. Kekhasan jalak thailand muda yakni karakter liarnya dapat melewati burung dewasa serta perihal ini dapat jadi masalah perawatan pada step awal.

Baca Juga : Perbedaan Burung Kenari Jantan dan Burung Kenari Betina

Di alam bebas, jalak thailand hidup di kaki bukit atau di daerah dataran tinggi yang tanahnya membuat kemiringan. Selain itu lingkungan itu mempunyai rimba yang cukup lebat dan ada sumber air yang dangkal. Walau jalak thailand mencari keperluan hidupnya di pohon-pohon, tapi burung ini tetap berada di permukaan tanah.

Pakan alami jalak thailand ialah serangga type besar seperti belalang serta kupu-kupu. Dalam musim berkembang biak, rumput kering serta ranting kayu kering jadi bahan penting pembuat sarang. Biasanya type pohon palem jadi pilihan untuk bersarang. Dalam sekali musim berkembang biak, jalak thailand bertelur 3—4 butir serta jarang ada yang tidak berhasil dalam pengeraman.

Perbedaan Burung Jalak Thailand Jantan serta Betina

Ciri-Ciri Jalak Thailand Jantan

  • Burung Jalak Thailand jantan kepalanya lebih besar
  • Bulu yang mengalung di lehernya berwarna lebih cerah
  • Tubuhnya lebih gempal
  • Mempunyai ekor yang panjang
  • Burung jalak Thailand jantan lebih rajin berkicau

Ciri-Ciri Jalak Thailand Betina

  • Burung Jalak Thailand betina mempunyai kepala lebih kecil
  • Bulu yang mengalung di lehernya lebih kusam
  • Tubuhnya condong lebih kecil
  • Mempunyai ekor yang pendek
  • Burung betina lebih senang diam

Sekilas untuk memperbedakan type kelamin pada burung anakan atau muda rimba cukup dengan memprediksi besar kepala serta panjang fisiknya.

Itulah perbedaan ciri burung Jalak Thailand jantan dan betina. Semoga Anda bisa lebih membedakan jantan serta betina, agar dalam perawatannya Anda bisa lebih terarah misalnya untuk dibuat lebih gacor, Anda mungkin hanya bisa merawat yang jantan saja. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Racikan Pakan Ciblek Sehat Serasa Dihutan

Perbedaan Burung Jalak Thailand Jantan dan Betina | admin | 4.5