Perbedaan Burung Prenjak Lumut Jantan Dan Betina

Prenjak lumut atau seringkali juga dimaksud perenjak bawah/perenjak handap, mempunyai nama sah cinenen pisang/common tailorbird (Orthotomus sutorius).

Burung prenjak lumut gampang dibedakan dari prenjak kepalamerah. Karena warna badan sisi atas, ekor, serta sayapnya hijau-zaitun, seperti lumut. Dari situlah muncul sebutan perenjak lumut. Berlainan dari prenjak kepalamerah, dimana badan sisi atas berwarna abu-abu.

 

 

HABITAT

Burung type ini banyak ditemukan di sawah, perkebunan, rimba kecil, rawa-rawa, pinggir sungai yang berpohon, tanah lapang, padang ilalang, dan semak-semak. Tidaklah heran juga bila burung ini berada di pekarangan rumah, sebab sifatnya yang tidaklah terlalu liar serta gampang menyesuaikan asal ada pohon-pohon kecil dan makanan cukup tersedia. Penyebarannya hampir berada di seluruh Indonesia terpenting yang beriklim sedang.

MAKANAN

Serangga, itulah makanan utama burung ini, seperti misalnya: jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat kandang, telur rayap, lalat, belalang, capung, ulat daun serta serangga-serangga kecil yang lain. Meskipun jika dijaga sejak kecil oleh manusia bukannya mustahil burung ini dapat beradaptasi dengan makanan lainnya, seperti voer (sentrat) ataupun pisang.

 

CIRI PRENJAK LUMUT JANTAN

1. Untuk burung jantan berbunyi “ciek-ciek-ciek”.

2. Prenjak jantan ada 2 bulu ekor tengah yang lebih panjang serta Ekor seringkali dimainkan (dinaik-turunkan).

3. Bulu dadanya agak hitam atau gelap.

4. Postur tubuh umumnya lebih panjang serta ramping.

5. Paruh sisi bawah berwarna hitam keseluruhan (pada burung dewasa), serta berwarna kuning atau putih dengan ujung bawah paruh berwarna hitam (pada burung anakan atau muda).

 

CIRI PRENJAK LUMUT BETINA

1. Untuk burung betina berbunyi “ter-ter-ter”.

2. Prenjak betina ada 2 bulu ekor tengah yang pendek serta Ekornya jarang dimainkan dan lebih pendek.

3. Bulunya sedikit lebih kusam atau kurang cerah.

4. Postur tubuh lebih pendek serta agak gemuk/melebar.

5. Paruhnya berwarna kuning atau putih baik saat dewasa ataupun saat masih tetap anakan.

Dan untuk yang anakan bisa dibedakan dari warna kepalanya, untuk yang jantan warna kepala tambah lebih merah daripada prenjak betina yang lebih sirna warna merahnya. bentuk ekor untuk yang jantan ekornya lebih condong membulat atau mekar sedang yang betina lebih menguncup.

 

Baca Juga : penyebab telur burung kenari tidak menetas

Perbedaan Burung Prenjak Lumut Jantan Dan Betina | admin | 4.5