Persiapan Mengikuti Kontes / Lomba Burung Kenari

Kontes kicau kenari adalah lomba yang begitu dinantikan oleh beberapa pencinta kenari. Untuk memperoleh kenari dengan kicau bagus serta merdu—atau biasa dimaksud gacor—saat lomba, dibutuhkan persiapan yang masak. Di bawah ini ialah banyak hal yang butuh disiapkan sebelum kenari dilombakan.

1. Pilih Kenari Petarung

Pada intinya, kenari ialah burung petarung. Di alam bebas, kenari agresif bila dengar kicauan dari burung lainnya. Dia akan langsung membalasnya. Nah, untuk memperoleh kenari yang betul-betul bermental petarung, pilih kenari jantan. Kenari jantan mempunyai nada lebih nyaring serta konstan dibanding betina. Lihat juga bentuk paruh, kepala, sayap, leher, serta postur tubuh kenari. Pilih yang kuat serta mempunyai cengkeraman kuat.

Semestinya, Anda juga pilih kenari berdasar pada type kicauan. Pilih kenari yang kicauannya memiliki irama, panjang, serta variasi. Bila perlu, berkunjunglah ke lomba kicau burung serta menanyakan pada pencinta kenari terlebih dulu.

2. Latihan Mental

Latihan mental butuh dikerjakan supaya kenari yakin diri serta gampang menyesuaikan dengan lingkungan baru. Untuk kenari yang baru pertama-tama dilombakan, bisa dipertemukan dengan kenari yang telah masak supaya bisa menirukan ciri-ciri serta gayanya.

Kenari juga semestinya dibiasakan berjalan-jalan ke ajang lomba, walau tidak ikuti lomba itu. Hal seperti ini mempunyai tujuan supaya kenari terlatih dengan situasi lomba dan keramaian disana. Diluar itu, Anda bisa menggantung kenari ditempat yang berlainan. Maksudnya supaya kenari gampang menyesuaikan dengan lingkungan baru.

3. Perawatan Sebelum Lomba

Kerjakan perawatan terunggul sebelum kenari dilombakan. Contohnya keluarkan kenari pada jam 07.00 WIB, lantas memandikan atau menyemprotnya. Membersihkan sangkar, tempat makan, serta minumnya. Setelah itu, sediakan makanan, minuman, serta vitamin untuk kenari.

4. Makanan yang Pas Sebelum Lomba

Salah satunya perawatan harian yang dikerjakan sebelum kenari dilombakan ialah memberi makanan yang pas. Anda dapat memberikannya apel diselingi kroto, 3 hari sebelum jadwal lomba. Semestinya beri juga telur puyuh, 1 jam sebelum lomba.

Kerjakan beberapa pergantian alur makan sebelum kenari dilombakan, contohnya pemberian kroto. Mendekati lomba, beri kroto 2x satu minggu dengan bagian optimal 10. Telur puyuh cuma dikasihkan sekali satu minggu untuk menahan kegemukan. Tubuh yang gemuk membuat kenari kurang gesit. Diluar itu, beri mentimun 2 hari beruntun sebelum lomba. Mentimun akan berguna untuk bersihkan lendir di tenggorokan kenari. Dengan begitu, kenari bisa berkicau tanpa kendala. Supaya stamina kenari semakin kuat, Anda bisa mencampurkan tiga tetes madu pada minuman kenari.

5. Perihal yang Dikerjakan Beberapa Waktu Sebelum Lomba
Saat jadwal lomba datang, kerjakan beberapa persiapan. Mandikan kenari dengan tingkat kebasahan yang cukuplah. Jemur dibawah cahaya matahari dengan waktu yang cocok, seputar jam 09.00 WIB saat 30 menit.

Mandikan kenari 2x satu hari, pada sore dan pagi hari. Frekwensi mandi yang dinaikkan serta penjemuran yang lebih singkat itu untuk mengatur birahi kenari.

Satu minggu sebelum kenari dilombakan, pisahkan dari macamnya sendiri untuk mengawasi mentalnya. Sesaat sebelum lomba, kondisikan supaya kenari tidak berkicau selama seharian. Hal itu akan membuatnya kecapekan. Saat malam hari, matikan lampu tempat kenari disimpan. Maksudnya supaya kenari memperoleh waktu istirahat yang berkualitas.

Apa kenari Anda telah siap dilombakan? Persiapan yang masak akan memberi kesan-kesan yang memuaskan. Ketelatenan Anda pemilik kenari begitu memastikan kualitasnya.

 

baca juga : cara alami mengatasi bulu tidak tumbuh botak

Persiapan Mengikuti Kontes / Lomba Burung Kenari | admin | 4.5