Tips Menangkar Burung Jalak Bali

Melihat kesempatan serta prospek yang cukuplah cerah dalam penangkaran burung, banyak penghobi burung peliharaan yang ikut mencoba mengikuti jejak penangkar Jalak Bali yang sudah sukses. Penangkaran yang ditujukan di sini adalah usaha yang dikerjakan dengan mengembangbiakkan burung lalu menjualnya dengan legal untuk mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, nyatanya banyak yang alami kesusahan dalam menjalankannya.

 

 

Menangkar burung type Jalak Bali memang tidak segampang keliatannya. Perlu kesabaran serta perhatian yang ekstra supaya penangkaran dapat berjalan dengan lancar. Banyak penangkar yang alami beberapa permasalahan serta masalah saat menangkar Jalak Bali. Beberapa masalah yang seringkali muncul dalam penangkaran Jalak Bali biasanya terkait dengan tingkah laku burung tersebut. Tingkah laku burung tersebut diantaranya Burung agak sulit berjodoh, induk merusak sarang, burung jantan sering membuang telur.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Jalak Putih Bagi Pemula agar Sukses

Salah satunya perihal harus yang butuh kalian kenali yakni bila burung jalak bali termasuk juga hewan yang gampang depresi. Sebab burung jalak bali memerlukan perawatan yang cukuplah maksimal. Hingga burung jalak bali bisa bertahan hidup lebih lama. Ditambah lagi bila kalian ingin pelihara jalak bali memeliharanya dilingkungan rumah.

Berikut 13 langkah penangkaran burung jalak bali yang dapat kalian lakulan di dalam rumah.

1. Pilih Burung Jalak Berkualitas

Sebelum menjaga burung jalak bali, yang butuh kalian kerjakan yaitu dengan pilih burung jalak yang berkualitas. Bila telah waktunya untuk menjaga burung dengan maksimal. Diantaranya yakni memandikan burung tiap-tiap pagi dengan memakai semprotan atau spray. Kalian ikut dapat menyiapkan cepuk supaya burung dapat lebih bebas bila ingin mandi. Saatnya yang sangat pas diantara jam 7 atau jam 8. Perihal ini bergantung keadaan, kalian dapat mengerjakannya lebih siang bila keadaan tengah hujan.

2. Memerhatikan Usia Burung Jalak

Bila kalian inginkan proses penjinakkan yang gampang, kalian mesti mengerjakannya semuda mungkin. Pilih jalak bali yang berusia muda akan membuat merk bertambah cepat menyesuaikan. Hingga mereka dapat dengan gampang mengetahui lingkungan yang tidak cocok.

Perihal ini begitu penting buat dilihat kalian pemilik burung jalak bali. Ditambah lagi bila kalian ingin hasilnya berjalan mulus sama seperti saat kalian pelihara burung merpati dengan mengaplikasikan langkah pilih burung merpati balap.

3. Fasilitasi Kandang dengan Tempat Mandi

Umumnya bila kalian menyiapkan tempat mandi di kandang jalak bali, mereka dapat mandi sendiri. Burung langsung bisa masuk dan mandi dengan puasnya. Bila ingin membuat tempat mandi burung Jalak Bali supaya bisas mandi dengan bebas. Kalian dapat memakai wadah memiliki ukuran 20 sampai 25cm dengan tinggi kira-kira 8-9 cm. Janganlah lupa untuk ganti cepuk atau tempat mandi bila telah tuntas mandi.

4. Memberi Glodog di Kandang

Supaya burung tidak stress, kalian dapat juga memakai glodog atau potongan batang pohon yang telah dilubangi. Sama seperti bila kalian menangkar burung jalak kerbau ataupun type burung jalak yang lain.

Bila kalian ingin mengirit waktu, kalian dapat lakukan penangkaran dengan menggunakan kandang koloni. Sebab dengan kandang type ini, burung jantan dapat dengan bebas mencari pasangannya.

5. Mengawasi Kebersihan Kandang

Yang sangat terpenting ialah mengawasi kebersihan kandang burung jalak bali. Mengingat tidak semua makanan dapat diolah dengan baik oleh mereka. Tentunya kalian dapat temukan bekas makanan dikandang. Tidak hanya itu, kotoran yang menumpuk ikut tidak begitu baik. Hingga kalian harus untuk bersihkan kandang dengan teratur.

6. Lakukan Penjemuran

Bukan sekedar teratur memandikan, kalian dapat juga lakukan penjemuran saat 1 jam atau dapat lebih bila matahari cemerlang dengan cerah. Kalian ikut bisa lebih lama kembali saat kondisi matahari tengah tidaklah terlalu cerah.

Burung Jalak Bali sendiri termasuk juga burung yang tahan dengan cuaca dan panas matahari. Sesudah berjemur kalian dapat mengangin-anginkannya di teras rumah.

Baca Juga : Manfaat Ulat Hhongkong untuk Burung Kenari

7. Teratur Memberi Pakan

Salah satunya yang sangat terpenting yakni permasalahan pemberian pakan. Pastikan bila kalian memberi makanan yang cukup. Kalian dapat memberi makanan seperti buah pisang kepok, pepaya dan buah yang lain. Kalian dapat juga memberi voer berkualitas baik. Sebab gizi pada makanan paket ikut dibutuhkan oleh burung jalak bali.

8. Lihat Gizi serta Nutrisi

Burung jalak bali mesti kalian lihat tentang gizi dan nutrisi. Kalian dapat memberi makanan penambahan untuk meningkatkan gizi sperti memberikan mereka makan seperti jangkrik. Kalian dapat memberikam jangkrik 2 kali satu hari. Pada tiap-tiap pagi sekitar 2 sampai 3 ekor dan saat sore sekitar 2 sampai 3 ekor. Kalian dapat juga memberi burung jalak ulat hongkong seperlunya. Atau juga bisa dengan memberi kroto.

9. Pemeliharaan Burung Jalak

Menangkar burung jalak bali memang tidak susah dibanding menangkar burung jalak type yang lain. Diluar itu, dalam waktu penangkaran kalian dapat menangkar mereka dengan berkelompok. Hingga kalian dapat membuat burung ditangkar di kandang koloni, bahkan juga dikombinasi dengan kandang aviary.

10. Lakukan Perawatan dengan Baik serta Benar

Bukan sekedar memerhatikan waktu aktif burung jalak bali. Kalian harus juga pastikan bila kalian lakukan perawatan dengan benar dan baik. Dengan berikut burung jalak akan terlepas dari stress. Dan membuat mereka dapat bertumbuh serta berkembang dengan baik.

11. Memberi Kursus dengan Teratur

Kalian harus juga memerhatikan waktu kursus dan perawatannya. Perihal ini sangat terpenting bila kalian ingin merajut kedekatan diantara kalian. Menjadi pemilik seharusnya kalian tahu waktu aktif. Kalian ikut semestinya hindari beraktivitas kursus pada siang hari. Ditambah kembali mengerjakannya di luar ruang waktu siang hari terik, sebab ini tidak pas dengan waktu aktif mereka.

12. Menjinakan Burung Jalak

Perihal yang dapat kalian sampaikan pada burung jalak menjadi peliharaan baru yakni dengan lakukan kegiatan keluarkan dan memasukan mereka dari sangkar. Kalian dapat juga memakai cara lainnya dengan tempatkan makanan di tangan.

Lantas latihlah burung jalak bali untuk masuk serta keluar sangkar. Biarlah ikut jalak mendekati kalian menjadi pemiliknya. Jalak bali dikenal juga dapat keluarkan nada spesifik waktu kursus. Kalian dapat juga melatih hal itu berulang-ulang lagi sampai meteka terlatih.

13. Melatih dengan Siulan

Pemilik kalian dapat juga lakukan kursus dengan menyebut memakai siulan yang ciri khas. Perihal ini akan memperkenalkan burung jalak dengan nada pemilikinya. Kalian dapat juga memberi siulan untuk tunjukkan pakan. Pakan yang dikasihkan dapat berbentuk ulat hongkong ataupun voer yang dapat kalian tebarkan pada tangan kalian. Pemilik kalian dapat juga lakukan macam dengan menyebarkannya di lantai. Burung jalak yang lapar umumnya akan selekasnya mendekati pakan yang kalian siapkan.

Tidak hanya beberapa pengetahuan di atas, begitu penting buat kalian beberapa pemula untuk memerhatikan tingkah dari burung jalak bali. Sebab karakter burung jalak yang aneh dapat jadi pemberi tanda ada yang tidak beres pada burung peliharaan kalian. Pengetahuan ini begitu penting buat kalian beberapa pemula bila ingin jadi praktisi. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : 11 Hal Yang Harus Kamu Ketahui agar Burung Ciblek Menang Kontes Dilapangan

Tips Menangkar Burung Jalak Bali | admin | 4.5