Tips Mengatasi Kenari Mabung Tidak Tuntas

Saat burung kenari alami mabung sebelum saatnya, akan tetapi tidak selesai dalam rentang waktu 4-6 minggu, karena itu kemungkinan alami macet mabung (stuck in the moult). Keadaan ini bisa berlangsung pada semua type burung peliharaan, tidak kecuali kenari, baik type lokal ataupun import. Bagaimanakah cara menanganinya. Di bawah ini panduan pilihan menangani mabung tidak selesai pada burung kenari.

Kenari yang alami permasalahan mabung tidak selesai / macet mabung biasanya akan tampak seperti burung yang tengah sakit. Tampilan bulunya tetap tampak berantakan, karena bulu baru yang tumbuh itu akan gampang sekali ringkih serta kusam. Diluar itu, burung akan alami permasalahan lainnya seperti macet bunyi alias berhenti berkicau.

Pemicu utama mabung tidak selesai ialah rendahnya konsumsi pakan memiliki nutrisi, terpenting karena burung hanua terima 1-2 type pakan saja sehari-harinya alias tidak beragam. Diluar itu, ada pula faktor-faktor penyebab yang lain, contohnya:

  • Terus-terusan menggantung sangkar burung di dekat sumber hawa panas / dingin seperti AC, lubang angin, blower, kipas angin, dan lain-lain.
  • Burung ada dalam keadaan cuaca berlebihan, dimana suhu / cuaca tetap berubah-ubah hingga dapat menyebabkan mabung palsu / false moult atau mabung sebelum saatnya.
  • Perlakuan terunggul yang bisa dikerjakan kicaumania untuk menangani mabung sebelum saatnya ataupun burung yang mabung tidak selesai ialah mesti lebih teratur memberi pakan sayuran, terutamanya daun bayam, dandelion, kubis, daun sawi, serta jagung muda. Pakan sayuran itu bila teratur dikasihkan sehari-hari bisa menolong memulihkan kondisinya.
  • Mengenai untuk pakan bijian yang perlu dikasihkan pada kenari yang tengah memiliki masalah itu semestinya biji-bijian yang berminyak, seperti biji rape (rape seed), biji rami (linseed), serta maw seed /poppy seed. Pakan bijian itu bisa menolong tingkatkan keadaan burung hingga proses mabung yang sudah sempat berhenti itu akan kembali berjalan dengan prima.

Tidak hanya pemberian pakan utama serta pakan penambahan, alur perawatan yang lain ialah lakukan penjemuran burung dibawah cahaya matahari langsung dengan teratur. Hal tersebut bisa menolong proses pemulihan dengan bertambah cepat. Juga mandi teratur dapat menolong burung meluruhkan bulu–bulu yang telah tua / rusak.

Untuk mensupport perawatan serta pemulihan kenari yang mabung tidak selesai ataupun mabung sebelum saatnya ialah lengkapi diet / alur makan dengan multimineral yang dicampurkan di air minumnya. Salah satunya produk multimineral yang banyak dipakai kicaumania di Indonesia ialah BirdMineral.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : perawatan kenari gacor seteleah beres mabung

Tips Mengatasi Kenari Mabung Tidak Tuntas | admin | 4.5