Tips Menjinakkan Burung Jalak Nias Liar

Burung jalak nias adalah type burung kicauan yang banyak disukai oleh beberapa penggemar burung kicauan yang ada di semua lokasi. Mungkin beberapa orang menduga bila burung jalak nias ini datang dari daerah yang sama juga dengan namanya yakni nias. Namun umumnya burung ini ditangkar di luar negeri. Jadi memang benar apakah kata petani barusan jika burung ini tidak tahu diurus. Persebarannya yang melimpah akan tetapi masih tetap dikit yang ingin menangkarnya. Walau sebenarnya harga jalak nias cukuplah tinggi serta sebetulnya ini adalah kesempatan besar.

 

 

 

Menjinakkan Burung Jalak Nias

Kebanyakan orang terutamanya buat beberapa pengagum burung kicauan serta orang yang mempunyai burung kicauan di dalam rumah tentu inginkan burung kesayangannya kicauannya gacor tetapi ikut jinak. Namun belumlah pasti semua penghobi burung telah memahami tentang bagaimana triknya menjinakkan burung kesayangannya. Diantaranya langkah melulutkan burung jalak nias. Sebetulnya burung Jalak Nias dan burung type yang lain yang kita punya jika kita rawat semenjak usianya masih tetap piyik (anakan) biasanya semakin lebih gampang jinak mendekati dewasanya. Karena sudah terlatih dengan pemeliharanya. Jadi akan dengan automatis bertambah cepat jinak bila daripada dengan bila kita menjaga burung semenjak umur burung sudah dewasa.

Baca Juga : Keunikan Burung Kenari

Langkah Menjinakkan Burung Jalak Nias

Pemandian Jalak Nias

Burung bisa jinak dengan alami serta dapat juga jinak bila lewat proses penjinakan yang kita kerjakan. Untuk proses melulutkan burung jika dikerjakan dengan alami akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada dengan penjinakan yang kita kerjakan sendiri. Meskipun langkah yang kita kerjakan kadang dipandang lebih extreme atau memaksa. Untuk melulutkan burung jalak nias contohnya lewat cara pemandian.

Memandikan burung yang masih tetap liar lewat cara kita mandikan sampai basah kuyup sampai semua bulu basah. Saat burung kewalahan ke sana kemari bahkan juga sampai luka serta berdarah di seputar paruh serta itu juga bakal berlangsung saat kita melakukan terapi itu pada burung jalak nias yang masih tetap liar.

Makanan

Sesudah dimandikan basah kuyup, burung akan rasakan lapar, serta awalilah untuk beri makanan seperti jangkrik. Jalannya kita beri dengan dengan lidi, bila belumlah ingin makan, anda dapat coba menarik ulur. Maksudnya adalah untuk coba seberapa minatnya burung pada jangkrik yang kita pegang sampai ia ingin makan. Jika memang sungguh belumlah ingin makan tinggalkanlah jangkrik dicepuk minuman. Lalu kerjakan hal sama pada hari selanjutnya, saat telah mulai tidaklah terlalu takut kerjakan pemberian jangkrik dengan tangan kita langsung, dan sebagainya.

Penempatan Kandang

Burung tangkapan yang masih tetap liar tentunya akan kewalahan jika kita tempatkan dalam tempat yang ramai banyak lalu-lalang orang dengan cara langsung. Namun ada langkah yang sedikit lebih enjoy serta tidaklah terlalu jadikan stress burung yang masih tetap liar.

Diantaranya yakni dengan menempatkan kandang cukup sedikit jauh atau tinggi yang di sekelilingnya banyak hilir mudik orang sekalinya cukup jauh. Setelah itu kita perhatikan, jika burung sudah mulai rasakan tenang sedikit kita dekatkan. Teruskan sampai burung tidak rasakan terganggu bila kita dekati.

Langkah melulutkan burung jalak nias dengan memandikan serta perlakuan kita pada burung tersebut memang dipandang cukup sedikit kejam serta kasar. Namun itu therapy agar burung jalak nias kita dapat jinak sama dengan keinginan kita. Akan tetapi bila pilihan kita, jinak dengan alami, mungkin itu perihal yang lebih halus sekalinya mesti sedikit lebih bersabar.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Burung Kenari

Tips Menjinakkan Burung Jalak Nias Liar | admin | 4.5