Tips Merawat Bakalan Prenjak Merah / Prenjak Tamu Agar Cepat Bunyi

Dahulu, hampir sehari-hari kita dapat dengar nada Prenjak kepala merah liar dihalaman rumah saling saut-sautan. Orang Jawa dahulu meyakini jika ada burung Prenjak berkicau dihalaman rumah, bermakna itu tanda-tanda jika akan ada tamu yang hadir kerumah, itu mengapa burung ini juga diberi nama Prenjak tamu.

Baca Juga : cara alami mengatasi bulu tidak tumbuh botak

Tetapi saat ini semuanya cuma tinggal masa lalu saja, burung mungil ini tidak bisa diketemukan dihalaman rumah lagi, tetapi dapat kita dapatkan dipasar serta kios-kios burung, itupun banyaknya sangatlah hanya terbatas.

Prenjak kepala merah / Prenjak tamu ialah burung yang begitu menarik, sebab dengan posturnya yang kecil akan tetapi burung ini mempunyai nada yang keras serta nyaring, ditambah lagi jika dijaga dengan betinanya maka semakin ramai saling saut-sautan.

Burung ini banyak dijaga dengan berpasangan dengan tujuan supaya nada kicauannya makin ramai, tetapi meskipun dirawat sendiri Prenjak kepala merah/Prenjak tamu masih dapat rajin bunyi serta gacor. Banyak penghobi burung yang pelihara burung ini untuk dijadikan klangenan di rumah atau dijadikan jadi burung masteran untuk burung-burung yang lain.

Supaya bisa gacor, pilih Prenjak kepala merah / Prenjak tamu yang sejenis kelamin jantan, sebab cuma Prenjak kepala merah / Prenjak tamu jantanlah yang dapat rajin berkicau serta mempunyai beberapa macam kicauan, sedang Prenjak betina suaranya condong monoton.

CIRI- CIRI PRENJAK MERAH / PRENJAK TAMU

Beberapa ciri Prenjak kepala merah / Prenjak tamu jantan

• Mempunyai dua helai bulu ekor yang lebih panjang dari bulu ekor yang lain.

• Mempunyai bulu berwarna kehitaman di bagian dadanya.

• Postur badan lebih panjang.

Beberapa ciri Prenjak kepala merah/Prenjak tamu betina

• Bulu ekornya lebih pendek serta rata.

• Warna bulu di bagian dada putih polos tiada semburat warna hitam.

• Postur tubuh lebih pendek.

Baca Juga : manfaat ulat hongkong untuk burung kenari

TIPS MERAWAT PRENJAK MERAH / PRENJAK TAMU BAKALAN 

Perawatan step awal

Jika kita memperoleh Prenjak kepala merah / Prenjak tamu dari tangkapan rimba umumnya burung akan gampang stres, karena itu kita mesti membuatnya nyaman serta tenang supaya tidak stres. Triknya:

  1. Janganlah langsung memandikan burung yang baru kita temukan, cukuplah beri cepuk air minum yang agak besar supaya bisa sekalipun dipakai untuk mandi setiap saat bila burung ingin mandi.
  2. Beri pakan berbentuk ulat hongkong (UH), kroto serta jangkrik kecil sepuasnya supaya burung terasa suka.
  3. Janganlah langsung digantang di tempat yang ramai dahulu, biarlah burung menyesuaikan dengan kandang serta lingkungan barunya untuk beberapa waktu.

• Pakan

Pakan alami Prenjak kepala merah / Prenjak tamu dihabitat aslinya adaLah ulat, serangga-serangga kecil, laba-laba, serta binatang-binatang kecil yang lain. Jika kita beli Prenjak kepala merah bahan / akan yang belumlah ngevoer, jadi kita mesti melatihnya untuk makan voer supaya mempermudah kita dalam perawatan hariannya. Triknya:

  1. Campur voer halus serta kroto dengan bagian voer semakin banyak dibanding kroto, juga bisa memakai ulat hongkong (UH) dipotong kecil-kecil yang digabung dengan voer halus.
  2. Kurangi bagian kroto / ulat hongkong (UH) setiap harinya sampai Prenjak kepala merah / Prenjak tamu bakaan itu ingin makan voer polos tanpa kombinasi kroto / ulat hongkong (UH).
  3. Jika kotorannya telah berwarna sama dengan voer yang kita beri, bermakna burung telah ngevoer, jadi kita dapat memberi voer serta kroto / ulat hongkong (UH) dalam wadah yang berlainan.

Voer bisa memenuhi keperluan kalsium, vitamin, serta nutrisi buat Prenjak kepala merah / Prenjak tamu menjadi pakan utamanya. Sedang jangkrik, kroto serta ulat hongkong (UH) ialah Tambahan fooding (EF) untuk Prenjak kepala merah / Prenjak tamu.

• Tambahan fooding (EF)

Tambahan fooding (EF) untuk Prenjak kepala merah / Prenjak tamu yang bagus serta gampang didapat dikios-kios pakan burung ialah jangkrik, kroto serta ulat hongkong (UH).

  1. Beri jangkrik ukuran kecil sekitar 3/3 pagi/sore, potong dahulu kaki-kakinya sebelum dikasihkan pada burung.
  2. Beri ulat hongkong (UH) sekitar 7/7 pagi/sore, seharusnya yang masih tetap berwarna putih (yang baru bertukar kulit).

• Penjemuran

Untuk step awal, jemur Prenjak kepala merah / Prenjak tamu saat pagi hari selama satu jam, sesudah berjalan selama 1 minggu waktu penjemuran dapat ditambah jadi dua jam setiap hari mulai jam 07.00 pagi.

• Mandi

Sesudah 1 minggu kita pelihara, Prenjak kepala merah bahan/bakalan mulai bisa dimandikan. Jadi step awal dapat disemprot dengan sprayer serta beri cepuk besar didasar kandangnya untuk memancing burung supaya ingin mandi sendiri dicepuk. Nanti jika telah terlatih, burung akan mandi sendiri di dalam cepuk mandinya.

Kebersihan kandang harus juga dijaga dengan membersihkannya setiap hari, termasuk juga tempat pakan, tempat minum serta tangkringannya.

Tidak hanya beberapa tips diatas, yang sangat terpenting dalam menjaga Prenjak kepala merah / Prenjak tamu atau burung kicauan yang lain ialah ketelatenan, kesabaran, serta ketekunan.

Demikian info mengenai perawatan yang pas untuk Prenjak kepala merah / Prenjak tamu agar cepat bunyi. Semoga Bermanfaat. Salam Gacor Mania.

Baca Juga : cara melatih anak burung kenari fighter

Incoming search terms:

  • https://googleweblight com/i?u=https://gacormania com/?s=download+suara+prenjak+gunung+untuk+pikat&grqid=rjQjguTR&s=1&hl=id-ID
  • suara prenjak rawa betina
  • suara prenjak tarung
Tips Merawat Bakalan Prenjak Merah / Prenjak Tamu Agar Cepat Bunyi | admin | 4.5