Tips Merawat Burung Jalak Nias Bakalan Bagi Pemula

Jalak nias termasuk juga salah satunya type burung jalak yang disukai sebab kepandaiannya berkicau. Tidak hanya pandai mengikuti bermacam nada (mimikri), jalak nias dapat juga dilatih mengikuti nada manusia. Jalak nias ikut sering jadi pilihan pilihan buat gacormania pemula yang ingin pelihara burung yang gampang dirawat tetapi pintar berkicau. Menjadi tips, di bawah ini panduan perawatan burung jalak nias akan untuk kicaumania pemula.

 

 

Burung jalak nias sebetulnya adalah nama populer di kelompok gacormania. Karena nama sah yang dikasihkan beberapa ornitholog serta dikuatkan kembali dalam buku Rincian Burung Indonesia (DBI) ialah kerak ungu / common myna (Acridotheres tristis). Keunikan yang memperbedakan jalak nias dari type burung kerak yang lain ialah kulit berwarna kuning serta tiada bulu di seputar mata, dan tidak mempunyai jambul pada mahkota kepalanya.

Baca Juga : ciri kenari birahi dan ciri kenari siap dikawinkan

 

Jalak nias yang diketemukan di sejumlah tempat di Indonesia sebetulnya adalah hasil introduksi, sebab spesies ini cuma mempunyai lokasi persebaran Afghanistan, Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, Tiongkok, Myanmar serta Indo-China (Vietnam, Laos, serta Kamboja), dan Thailand, Semenanjung Malaysia, serta Singapura.

Jalak nias termasuk juga type burung yang cepat menyesuaikan serta gampang dirawat. Tidak hanya dapat dilatih untuk mengikuti bermacam nada masteran, jalak nias ikut gampang dibikin jinak hingga membuatnya menjadi type burung yang disukai oleh gacormania pemula ataupun memiliki pengalaman.

Pelihara burung jalak nias supaya semakin rajin berkicau bisa dikerjakan dengan teratur memberikan pakan yang sesuai, mengawasi kebersihan, rajin memandikan serta menjemurnya. Yang tidak kalah terpenting, kerjakan program pemasteran serta kursus dengan teratur.

Di bawah ini panduan perawatan burung jalak nias bakalan untuk gacormania pemula :

1 .Beri pakan yang sesuai dengan

Memberikan pakan harian dengan teratur serta sesuai dengan bisa membuat burung jalak nias tetap ada dalam keadaan sempurna, hingga lebih aktif serta rajin berbunyi. Ada tiga type pakan yang dapat dikasihkan dalam perawatan hariannya, yakni:

  1. Voer kasar yang tinggi protein. Biasanya voer yang dipakai kicaumania untuk burung jalak mereka ialah voer ayam yang mempunyai kandungan protein tambah tinggi dibanding burung kicauan. Anda dapat memakai voer 521, 511, serta sejenisnya.
  2. Pakan serangga yang terdiri atas jangkrik serta ulat hongkong. Ke-2 type serangga ini dikasihkan menjadi extra fooding (EF) / pakan penambahan pendamping voer. Pemberian EF mesti berkelanjutan sehari-harinya. Perumpamaannya, tiap-tiap sore dan pagi hari, burung jalak nias bisa dikasih 3 ekor jangkrik serta 3 ekor ulat hongkong.
  3. Pakan buah-buahan seperti pisang serta pepaya. Ini menjadi pelengkap, terpenting menjadi sumber vitamin.

Baca Juga : tips memilih jalak kebo di ombyokan

2. Mengawasi kebersihan sangkar serta perlengkapannya

Teratur mengawasi kebersihan sangkar serta perlengkapannya bisa jadikan burung jalak nias semakin rajin bunyi. Sangkar yang bersih akan jadikan penghuninya terlepas dari masalah parasit seperti kutu serta tungau, dan terlepas dari infeksi oleh agen-agen penyakit seperti bakteri serta jamur.

Karenanya, rajin-rajinlah bersihkan sangkar sehari-hari dengan air bersih serta tiap-tiap 2-3 minggu sekali membersihkan sangkar serta tenggerannya dengan desinfektan spesial seperti FreshAves yang dapat membunuh agen penyakit seperti bakteri, jamur, serta parasit sampai ke sisi sangkar paling kecil sekalinya.

3. Perawatan mandi serta jemur

Merangsang jalak nias supaya lebih rajin berkicau dapat dikerjakan dengan perihal sangat simpel, yakni memandikannya dengan teratur. Mandikan burung dengan teratur tiap-tiap sore dan pagi hari dengan memakai keramba mandi atau juga bisa disemprot memakai hand sprayer. Sesudah dimandikan, burung diangin-anginkan sesaat sebelum dijemur dibawah cahaya matahari.

4. Kerjakan pemasteran

Jalak nias diketahui mempunyai nada asli yang cukuplah enak didengar. Akan tetapi untuk bikin suaranya lebih beragam serta penuh irama, jadi butuh dikerjakan pemasteran.

Proses pemasteran umumnya dikerjakan tiap-tiap beberapa saat satu hari, sampai si burung dapat kuasai nada yang sering didengarnya. Pemasteran dapat memakai burung masteran ataupun nada rekaman dari mp3. Semakin banyak nada isiannya, jadi semakin cerewet juga kicauan jalak nias.

5. Melatih menyesuaikan

Latihan menyesuaikan butuh dikerjakan untuk bikin jalak nias yang dibeli dalam keadaan akan mempunyai mental yang lebih baik, dan gampang dibikin jinak. Burung yang sudah menyesuaikan semakin lebih berani berbunyi setiap saat, tiada perasaan takut lihat situasi rumah atau beberapa orang yang hilir mudik.

Proses penyesuaian biasanya dilakkan lewat cara menggantung sangkarnya pada tempat yang lebih rendah dalam tempat yang dipandang ramai. Cara itu untuk melatih supaya jalak nias terlatih dengan situasi baru.

Dengan lakukan skema perawatan yang sesuai dengan, burung jalak nias yang dibeli dalam keadaan masih tetap akan ini akan membuat bangga pemiliknya.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : ramuan pakan bergizi untuk burung jalak kebo yang mabung

Tips Merawat Burung Jalak Nias Bakalan Bagi Pemula | admin | 4.5