Tips Merawat Burung Jalak Putih Bagi Pemula

Siapa yang tidak kenal burung jalak? Untuk tiap-tiap penggemar burung, type burung satu ini memang seringkali dipakai menjadi burng perlombaan atau sekedar hanya koleksi saja sebab mempunyai nada yang begitu merdu dan bulu yang tampak indah. Di Indonesia sendiri, burung jalak ada beberapa jenis type, diantaranya ialah burung jalak putih. Burung ini sendiri adalah salah satunya type burung yang cantik sebab mempunyai warna putih bersih pada bulu dan ada balutan warna hitam yang ada di seputar sayap dan ekornya, dengan begitu tampak begitu indah.

 

 

Burung ini sendiri masuk ke spesies jalak yang terdapat beberapa di Indonesia serta untuk populasinya sendiri menyebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Lombok. Dari sisi fisiknya, burung ini begitu serupa dengan jalak Bali yang manakah termasuk juga ke satwa yang dilindungi, sebagai bedanya cuma pada warna biru yang ada di seputar mata dan jambul.

Baca Juga : Daya Tarik Burung Jalak Thailand

Harga dari burung jalak putih ini sendiri memang cukuplah mahal bila dibanding dengan type jalak yang lain sebab burung jalak type ini termasuk juga ke type burung yang langka. Dari banyaknya type burung jalak yang ada di negara Indonesia, jalak putih ini dipandang yang teristimewa sebab memang mempunyai beberapa keunggulan lainnya yang memang tidak ada pada type jalak yang lain. Apabila memang Anda mempunyai kemauan untuk pelihara burung ini, perhatikan tips yang perlu Anda ketahui dan untuk merawatnya, di bawah ini ialah beberapa tipsnya yaitu:

1. Mengetahui Ciri Burung Jalak Putih

Hal pertama yang butuh dilihat ialah tahu beberapa ciri dari burung jalak putih, ciri dari burung ini sendiri benar-benar sangat gampang untuk diketahui sebab hampir di sekujur badan burung itu berwarna putih bersih, dengan begitu akan tampak begitu cantik. Sedang di bagian paruh kulit yang ada di seputar mata dan kaki mempunyai warna kuning gading. Serta untuk sisi kepala, perut, bawah ekor dan tenggorokannya mempunyai warna putih jelas.

Untuk warna hitam sendiri cuma ada di bagian tengah sayap s/d sisi ujung sayapnya saja. Diluar itu di punggung sisi tengah s/d ekor ikut ada warna hitam. Bila sayap jalak putih ini tutup, nanti akan tampak warna putih dibagian ujung sayap yang manakah melekat pada pangkal ekor.

2. Lihat Makanan Burung Jalak Putih

Yang ke-2 ialah lihat makanan dari burung jalak putih ini, untuk langkah menjaga burung jalak putih ini pada intinya tidaklah terlalu susah sebab untuk makanan pentingnya sendiri begitu gampang untuk didapati, perumpamaannya saja seperti serangga, lalu biji-bijian dan buah-buahan. Tapi Anda dapat juga memberikan beberapa makanan lainnya yang mempunyai gizi tinggi seperti voer, kroto, jangkrik, pisang, pepaya serta yang lain.

Serta untuk sedikit tips, jadi untuk Anda yang ingin pelihara indukan jalak putih, semestinya Anda memberi makanan tambahan seperti 20 ekor jangkrik setiap harinya dan beberapa makanan penambahan yang lainnya untuk dikasihkan 3 hari sekali. Akan tetapi bila sudah terlatih dengan makanan seperti kroto, jadi umumnya burung indukan jalak putih itu bisa dikasihkan 4 sendok makan kroto sehari-harinya atau juga bisa 3 kali dalam 1 minggu.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Suren pada Musim Hujan

3. Merawat Burung Jalak Putih

Untuk dapat memberi kenyamanan untuk burung jalak putih, jadi semestinya letakkan burung itu pada kandang yang memiliki ukuran lumayan besar supaya nanti bisa terbang dengan gesit dan tidak terasa depresi. Anda dapat juga memberikan beberapa ranting pohon atau satu pohon kecil pada kandang itu supaya memberi kesan-kesan alam liar. Lantas janganlah lupa ikut untuk memberi tampat air untuk mandi dan minum burung itu. Diluar itu ada pula beberapa tips lainnya untuk perawatan burung ini setiap harinya, mengenai beberapa tips itu salah satunya seperti berikut:

  • Burung jalak itu butuh dimandikan tiap-tiap pagi memakai sprayer atau memakai cepuk supaya nanti burung bisa lebih bebas untuk mandi. Diluar itu Anda dapat juga memasukan burung itu ke karamba tempat mandi, dengan begitu burung itu bisa mandi sendiri dengan senang. Untuk waktu mandinya sendiri seputar jam 7 pagi atau bergantung dengan keadaan, bila memang kondisinya tengah hujan, jadi Anda dapat memandikannya dikit lebih siang. Diluar itu Anda pun janganlah lupa ambil cepuk itu bila sudah tuntas mandi. Anda dapat juga mencampurkan shampoo spesial untuk burung ke air itu sebab berperan untuk menghaluskan serta meghaluskan bulu dari burung, lalu ikut menolong untuk menahan serta memberantas kutu dan kuman.
  • Lalu yang ke-2 ialah sesudah burung itu Anda mandikan, jadi Anda dapat menjemur burung itu kira-kira 1 jam bila memang cuaca tengah bagus. Sesudah Anda jemur burung itu, jadi angin – anginkan burung itu.
  • Anda pun butuh memberi vitamun untuk menolong penuhi keperluan vitaminnya. Diluar itu siapkan ikut makanan yang bergizi dan cukuplah seperti voer yang berkualitas serta yang penting ialah pas dengan tekad dari jalak itu.
  • Lantas untuk sisi macam nada, jadi Anda bisa lakukan pemasteran dengan memakai nada burung yang lain yang memang pas dengan kemauan Anda.
  • Diluar itu Anda pun butuh membuat situasi seputar rumah jadi bertambah nyaman, hal itu mempunyai tujuan supaya burung jalak itu terasa nyaman serta tidak terganggu karenanya ada tikus, kucing atau manusia penggoda. Hal itu begitu punya pengaruh pada psikis dan fisik dari burung jalak putih itu serta otomatis dapat juga memengaruhi kualitas nada dan ocehan dari burung jalak tersebut.

4. Memperhatikan Perjodohan Burung Jalak Putih

Lantas Anda pun butuh memerhatikan perjodohan dari burung jalak putih itu, untuk proses penjodohan dari burung itu memang tidak dapat dikerjakan asal-asalan, ada banyak hal yang butuh diperhatolan seperti aspek umur. Untuk umur yang pas dalam penjodohan ialah minimum 1,5 tahun untuk jantan serta 1 tahun untuk betina.

Anda pun butuh memerhatikan selangkah, untuk langkah awal ialah Anda dapat mendekatkan ke-2 sangkar diantara jantan dan betina untuk dapat lihat responnya, sesudah Anda pikir pas, jadi Anda dapat menyatukannya jadi satu sangkar serta biarlah beberapa waktu. Diluar itu Anda dapat juga memerhatikan waktu kawinnya, untuk hal itu, jadi Anda dapat lihat ruang dubur dari burung itu. Waktu masuk musim kawin, jadi ruang dubur dari burung jalak putih akan berwarna putih kemerahan. Dengan begitu Anda dapat pastikan musim kawin burung jalak itu.

Jadi itulah beberapa tips merawat burung Jalak Putih bagi Anda yang masih pemula bila memang ingin pelihara burung jalak putih. Untuk dapat membuat burung jalak itu sama dengan kemauan Anda, jadi tentunya Anda pun butuh untuk membuat burung itu nyaman dan menunjangnya dengan pemasteran yang pas. Seemoga Bermanfaat.

Baca Juga : Makanan Harian Burung Ciblek agar Sehat

Tips Merawat Burung Jalak Putih Bagi Pemula | admin | 4.5