Tips Merawat Ciblek Liar

Beberapa pencinta burung peliharaan umumnya memperoleh burung Ciblek lewat cara beli atau menangkapnya dari alam liar. Akan tetapi, permasalahan yang seringkali berlangsung pada burung Ciblek hasil tangkapan ialah tingkat kematiannya yang tinggi. Burung Ciblek yang datang dari alam sedikit susah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Hal itu menyebabkan stres berat serta tingkatkan resiko matinya burung tangkapan.

Menjadi penggemar burung, kita tentu saja akan tidak membiarkan perihal ini berlangsung. Kita ingin Ciblek hasil tangkapan liar dapat hidup serta makan seperti umumnya burung kicau yang lain.

 

 

Baca Juga : Ciri-Ciri Burung Ciblek Sawah Pari

Yakinkan Anda pilih Ciblek yang sehat serta lincah

Bila ingin pelihara burung Ciblek liar yang terpenting bila membelinya di pasar burung, yakinkan Anda pilih Ciblek yang sehat serta gesit. Sesudah itu, lakukan tips di bawah ini untuk perawatannya:

1. Langkah awal perawatan pada Ciblek liar ialah memperkenalkan Ciblek dengan lingkungan barunya atau sangkar. Ciblek dapat dimasukan ke sangkar serta dilewatkan saat 3 hari ditempat yang sepi. Beberapa pengagum burung peliharaan merekomendasikan supaya sangkar Ciblek ditutup terlebih dulu dengan kertas atau koran (ke-3 sisinya, terkecuali sisi pintu). Berikan makan Ciblek dengan pakan kroto fresh tiada kombinasi voer terlebih dulu.

2. Di hari ke-4 sesudah Ciblek di rasa sudah cukup menyesuaikan serta kenal dengan sangkarnya, Ciblek bisa mulai diiberi pakan dengan kombinasi voer halus serta kroto. Campur voer dengan setahap terlebih dulu dengan perbandingan voer:kroto 25:75, 50:50, 75:25, serta paling akhir 100%. Pergantian kombinasi kroto serta voer ini dikerjakan tiap-tiap 3 hari.

3. Ciblek ialah pemakan serangga, jadi imbuhkan jangkrik kecil sekitar 2 ekor pada tiap-tiap sore dan pagi. Juga bisa dikasihkan selingan extra fooding (EF) berbentuk ulat hongkong serta kroto.

4. Sesudah di rasa telah dapat menyesuaikan dengan baik, kita bisa melepas penutup sangkar serta mulai menggantungkannya ditempat yang ramai (tempat biasa orang melalui). Perihal ini dikerjakan supaya Ciblek terlatih dengan manusia, hingga jinak nanti. Supaya proses adaptasinya lebih maksimal, pertama gantungkan sangkar Ciblek ditempat yang tinggi, lantas dengan setahap pindahkan ke tempat yang lebih rendah.

5. Perawatan umumnya membutuhkan waktu seputar 3-4 bulan supaya Ciblek mulai bersuara. Janganlah lupa beri pakan penambahan pada Ciblek berbentuk kroto, jangkrik kecil, atau ulat hongkong (diseling saja).

Nah, demikianlah tips perawatan Ciblek liar hasil tangkapan, mudah-mudahan bermanfaat. Salam Gacor Mania.

Baca Juga : 10 Cara Budi Daya Burung Ciblek Kristal

Tips Merawat Ciblek Liar | admin | 4.5