Tips Merawat Kenari Gloster Gacor

Burung Kenari Gloster termasuk juga salah satunya type kenari import yang banyak menarik perhatian. Postur tubuhnya yang kecil yang panjangnya diupayakan sekitar pada 11 cm. Biasanya panjang kenari Walau kecil akan tetapi nada kicauannya merdu serta dari warnapun menarik karena memiliki warna yang bermacam. Ada yang memiliki warna kuning bersayap putih atau kehijauan. Untuk kepala ada yang berjambul, ada yang polos. Burung Kenari yang memiliki kepala tidak berjambul dimaksud Kenari Gloster Consort. Sedang yang berjambul dimaksud kenari Gloster Corona.

Burung Kenari ini memang diternakan untuk type kelompok kenari kecil. Karena itu disilangkan dengan type kenari lainnya yang badannya kecil akan tetapi bersuara indah, hal tersebut untuk mengawasi supaya badannya masih mungil serta nada masih gacor. Untuk perawatan keseharian sebetulnya sama dengan Burung Kenari yang lain. Kenari ini memang memprioritaskan tampilan fisiknya dibanding nada serta warna bulunya.

Bagaimana perawatan Burung Kenari supaya dalam keadaan sempurna?

Perawatan Burung Kenari Gloster termasuk juga tidak susah lumayan sederhana. Yang butuh diingat jika burung ini cukuplah rawan pada angin yang kencang. Karena itu sangkar bururng ini diupayakan jauh dari sumber angin yang kencang seperti dekat jendela atau pintu, dekat lubang angin, kipas angin dan sebagainya. Jauhkan diri sangkar burung dari dapur karena dapur memiliki sumber penguapan. Burung ini bisa bertahan hidup sampai belasan tahun bila perawatan bagus.

Burung Kenari bisa berkicau bila memperoleh perawatan yang bagus serta maksimal. Dalam menyilangkan Burung Kenari yang butuh diingat jika untk tingkatkan kesuksesan lewat cara menyilangkan burung dengan sesama type burung gloster karena bila disilangkan dengan burung lokal karena itu tingkat keberhasilannya akan alami penurunan serta cuma seputar 50% saja.

Lingkungan sangkar

Lingkungan juga memengaruhi kesuksesan dalam pemeliharaan Burung Kenari type ini yang manakah situasi tenang akan membawa kenyamanan dalam diri Burung Kenari. Selain itu beberapa pengharum ruang juga butuh di pikirkan untuk dijauhkan tempatnya dari ruang sangkar. Termasuk juga salah satunya pewangi baju, deterjen yang berbentuk menguap butuh dijauhkan dari tempat sangkar.

Makanan Burung Kenari Gloster

Burung Kenari Gloster suka pada biji-bijian seperti biji kenari, rape seed serta memerlukan beberapa makanan penambahan (fooding extra) seperti sayuran, buah-buahan, kroto serta telur burung puyuh. Sayuran serta buah-buahan itu salah satunya type sawi hijau, mentimun, apel, cabe, jagung muda serta ada banyak lagi. Sedang kroto serta telur burung puyuh bisa dikasihkan tiap-tiap beberapa waktu sekali, hal tersebut untuk sekedar memenuhi keperluan protein tanpa mengakibatkan burung jadi gemuk.

Badan yang gemuk akan membuat Burung Kenari akan malas berjalan serta praktis akan malas juga keluarkan suaranya. Karena itu nutrisi buat burung butuh dilihat dengan cermat, janganlah terlalu berlebih akan tetapi janganlah kekurangan. Untuk pakan kita dapat memberi per type atau kombinasi dari beberapa macam makanan. Bila ingin membuat sendiri bahan pakan kombinasi karena itu kita dapat mencampurkan 35% biji sawi, 35% biji kenari, 10% biji gandum, 10% milet putih, 5% flax seed serta 5 persen niger seed. Untuk kombinasi ini tidaklah terlalu banyak cuma seputar 1 sendok teh saja.

Untuk air minum selalu harus ada setiap saat karena Burung Kenari tidak bisa kekurangan air minum bersih saat lebih dari 16 jam. Karena itu upayakan tetap menyiapkan air bersih yang datang dari air bermineral atau air sumur yang bersih. Untuk air PAM tidak disarankan karena umumnya memiliki kandungan kaporit yang kurang bagus untuk urung kenari.

Berapakah ukuran sangkar yang baik untuk Burung Kenari gloster?

Burung Gloster termasuk juga suka pada ukuran kandang yang agak luas serta memunyai tempat menempati minimum 2 tempat. Tempat menempati dapat berupa panjang atau cukuplah separuh kandang. Untuk sangkar baik memiliki ukuran 40 cmx 202 cmx 25 cm. Untuk bentuk sangkar semestinya berupa kotak, bukan bentuk bulat.

Untuk kenari yang tengah mengasuh anakannya ditempatkan dalam sangkar umbaran yang memiliki ukuran 100 cmx 45 cmx 50 cm. Kenari indukan betina jadikan satu dalam sangkar umbaran sampai anakn sudh bisa makan sendiri serta tuntas ubah bulu.

Demikian beberapa panduan serta rahasia dalam pelihara Burung Kenari Gloster. Mudah-mudahan berguna. Baca juga : perawatan kenari menjelang lomba agar tampil maksimal

Tips Merawat Kenari Gloster Gacor | admin | 4.5