Tips Ternak Burung Jalak Nias

Burung jalak adalah salah satunya type burung tropis yang mempunyai keindahan serta nada yang ciri khas. Salah satunya type burung jalak yang mempunyai popularitas menengah yaitu di bawah burung jalak suren serta di atas burung jalak kebo ialah Jalak Nias.

 

 

Baca Juga : cara mengatasi burung jalak nias macet bunyi

Bila lihat dari namanya mungkin beberapa orang yang terasa jika burung Jalak Nias itu adalah burung jalak yang datang dari Nias, serta asumsi itu seutuhnya salah. Sebab popularitas yang cukuplah tinggi jadi saat ini beberapa orang yang lakukan ternak type burung itu. Buat pemula, lihat beberapa panduan ternak jalak nias yang dijelaskan dalam rincian keterangan berikut ini.

1. Ketahui karakter burung Jalak Nias

Sebelum lakukan ternak jadi perihal yang pertama-tama butuh dimengerti ialah tentang karakter dari burung Jalak Nias. Pandangan karakter ini terpenting untuk memperbedakan langkah berternak Jalak Nias dengan panduan ternak Jalak yang lain.

Warna burung Jalak Nias menguasai coklat dengan sisi paruh serta kulit mata yang tidak berwarna kuning berlainan dengan burung Jalak yang lain. Burung yang rata rata mempunyai panjang badan 23-25cm ini mempunyai sisi perut sampai pantat yang berwarna putih. Burung Jalak Nias bisa didapat dari alam simak serta dijinakan dengan cara menjinakan Jalak Nias yang efisien.

2. Mengetahui Perbedaan jantan serta betinanya

Info yang lain yang butuh dimengerti dan disediakan oleh beberapa peternak ialah mengerti type kelamin dari burung Jalak Nias berdasar pada ciri fisik yang ada. Memastikan type kelamin burung Jalak Nias ini mesti dikerjakan sebelum proses ternak berjalan.

Ciri ciri Jalak Nias jantan mempunyai bentuk kepala pipih persegi dengan dikit jambul, nada pejantan ikut lebih gacor dengan jambul yang dikit mengembang dan rutinitas menganggukkan kepala saat berkicau. Sedang Jalak Nias betina mempunyai bentuk kepala yang lonjong, nada kicauan yang monoton, serta warna bulunya lebih kusam dari pejantan.

3. Pilih indukan yang baik

Indukan burung Jalak Nias bisa dibeli dari beberapa peternak mahir yang terpercaya. Hampir serupa pada kriteria panduan ternak burung berkicau yang lain, penentuan indukan burung Jalak Nias lebih diutamakan pada kesehatan burung dan keadaan fisiknya yang tidak cacat. Indukan burung Jalak Nias yang akan dipakai dalam proses ternak ikut harusnya mempunyai umur yang cukuplah serta siap untuk dikawinkan.

4. Sediakan sangkar burung Jalak Nias

Semua prasarana mesti telah disediakan sebelum proses ternak dikerjakan dengan arah untuk hindari kekeliruan yang dikarenakan oleh keadaan sangkar.

Sarang yang dipakai untuk proses ternak burung Jalak Nias sama seperti dengan sarang yang digunakna untuk ternak burung berkicau yang lain akan tetapi yang butuh dilihat ialah di sangkar itu mesti disiapkan kandang box dengan pintu masuk berupa lubang dan ada beberapa jenis bahan untuk bikin sarang menjadi tempat pengeraman telur nanti.

5. Proses perjodohan burung Jalak Nias

Proses perjodohan burung Jalak Nias sama dengan penjodohan burung Jalak ataupun burung berkicau yang lain. Penjodohan burung Jalak Nias jantan serta betina dikerjakan dari mulai pengenalan lewat sarang yang berlainan serta setelah ada sinyal ketertarikan dari kedua-duanya jadi pengambungan pada sebuah sangkar bisa dikerjakan.

Bila indukan terasa dari peternak lainnya jadi semestinya pilih yang telah berpasangan hingga proses perjodohan tidaklah terlalu susah dikerjakan. Proses perjodohan burung Jalak Nias sama juga dengan yang dikerjakan pada tingkatan atau langkah ternak burung Jalak Kapas.

Baca Juga : cara merawat burung jalak nias agar gacor dan pandai bicara

6. Proses perkawinan burung Jalak Nias

Sebetulnya tidak ada panduan ternak burung Jalak Nias dalam soal perkawinan yang spesifik dibanding dengan burung Jalak ataupun burung kicauan yang lain. Akan tetapi dalam proses perkawinan serta pengabungan ke-2 burung itu butuh dilihat apakan burung jantan lakukan tindakan agresif dengan menyerang burung betina. Bila keadaan itu berlangsung jadi semestinya pisahkan kedua-duanya terlebih dulu. Proses perkawinan Jalas Nias itu hampir sama juga dengan langkah penangkaran Jalak Putih.

7. Persiapan makanan dalam jumlahnya yang cukuplah

Dalam proses perkawinan, makanan yang ada di sangkar mesti mempunyai jumlahnya yang cukuplah supaya tidak sering menganggu sarang ternak saat memberikan makanan ataupun menganti air minum.

Type makanan yang disiapkan berbentuk serangga kecil seperti jangkrik, belalang, biji bijian, buah buahan, serta bahkan juga beberapa peternak ikut memberi roti atau nasi. Langkah ternak ulat buat pakan burung dewasa bisa dikerjakan untuk semakin dapat mendesak aspek ketidakberhasilan proses ternak burung Jalak Nias karena pakan yang salah.

8. Proses pengeraman serta perawatan anakan

Sesudah proses perkawinan sukses berlangsung jadi burung Jalak Nias betina akan membuahkan kira-kira 4 sampai 6 butir telur di sangkarnya. Telur telur yang berada di dalam sangkar itu akan dierami sekurang-kurangnya saat 18 hari sampai penetasan berlangsung.

Saat proses pengeraman berjalan jadi lihat indukan burung sebab beberapa salah satunya kadang bisa buang telurnya akiba keadaan spesifik seperti intimidasi binatang lainnya, birahi kembali, keadaan seputar sarang yang tidak nyaman, serta beberapa keadaan yang lain.

Sesudah pengeraman berjalan jadi anakan burung Jalak Nias mulai menetas. Anakan burung yang baru menetas semestinya dilewatkan dirawat oleh induknya sendiri serta baru sesudah 3 minggu bisa dipisahkan supaya daat selekasnya hidup mandiri. Waktu berusia 25 hari atau 1 bulan umumnya anakan burung Jalak Nias telah dapat untuk makan serta terbang sendiri.

Itu beberapa panduan ternak burung Jalak Nias yang perlu dilihat supaya bisa menghasikan anakan yang baik dan sehat serta dapat tumbuh sampai dewasa. Melakukan ternak pada burung Jalak Nias sebetulnya tidak susah cuma butuh kesabaran dan ketekunan dalam mengerjakannya. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : tips merawat burung jalak nias bakalan bagi pemula

Incoming search terms:

  • macam bina
Tips Ternak Burung Jalak Nias | admin | 4.5